Tuesday 4 September 2012

Asal-Usul Pembuatan Smiley Face



Tentu kamu tahu dengan Smiley Face atau yang akrab dengan sebutan Mr. Smiley. Simbol (Icon) yang satu ini memang begitu populer di dunia, khususnya pada khasanah dunia maya. Hampir pada setiap situs atau pun tempat layanan messanger di internet, pasti memiliki fasilitas untuk mempergunakan icon Smiley Face ini. Akan tetapi, tahukah kamu, bagaimana asal muasul icon yang sangat terkenal ini tercipta?

Adalah Richard Ball, seorang pemilik bersama sebuah perusahaan iklan dan hubungan kemasyarakatan di Worcester, yang merancang Smiley Face pada tahun 1963 untuk meredakan ketegangan yang terjadi pada proses penggabungan dua perusahaan asuransi kala itu.




Richard Ball


Wakil presiden perusahaan tersebut memerintahkan sebuah “kampanye persahabatan” untuk meredakan ketegangan di antara pekerja yang cekcok, dan menyewa Richard Ball untuk membuat gambar yang sesuai dengan pin kampanyenya.

"Saya membuat sebuah lingkaran dengan mulut yang tersenyum pada selembar kertas kuning, yang melambangkan cahaya matahari yang cerah," dia mengingatnya kembali pada saat di wawancara tahun 1996 oleh Associated Press. Dan ketika gambar tersebut dibalik, senyum akan berubah merengut. Maka, demi untuk menghindarinya, Ball menambahkan dua titik sebagai mata dan akhirnya lahirlah, Smiley Face.





“Ada dua cara untuk menggambarnya,” dia berkata. “Kamu bisa gunakan jangka, untuk membuat lingkaran yang sempurna, dan membuat dua mata serapi mungkin. Atau kamu bisa menggambarnya dengan tangan saja, kemudian bersenang-senang seperti yang saya lakukan,” Kata Ball menjelaskan kiat-kiat menggambar icon ciptaannya itu. “Berikan karakter!” tambahnya kembali.


Simbol Perdamaian

Mode pin Smiley Face dimulai pada awal tahun 1970-an.





Pada September 1970, (dua orang bersaudara berdarah Spanyol dari Philly, Murray, dan Bernard Spain), melakukan pemilihan untuk sebuah simbol perdamaian yang menarik, mereka teringat pernah melihat smiley face digunakan di bisnis periklanan tahun-tahun sebelumnya, maka mereka langsung menciptakan pin bergambar Mr. Smiley. Pin itu memperoleh ‘hits’ yang besar. Pada akhir 1972 diperkirakan telah terjual sebanyak 50 juta pin.

Profesor Scott E. Fahlaman dari Carnegie Mellon University memposting smiley face untuk pertama kalinya pada sebuah bulletin board elektronik pada pukul 11.44 pagi tanggal 19 september 1982. Waktu itu forum sedang mendiskusikan batas-batas humor internet dan bagaimana caranya menandai sebuah komentar agar tidak di anggap terlalu serius.

“Saya mengusulkan urutan karakter berikut ini digunakan sebagai penanda humor, harap di baca miring ya” tulis Profesor Fahlman. Usul Profesor Fahlman itu memungkinkan pengguna komputer untuk menyampaikan humor dengan cara yang positif melalui senyuman atau justru sebaliknya dengan wajah cemberut, yaitu bila karakter terakhir diganti dengan tanda kurung buka.





Harvey Ball : “Tidak pernah terjadi dalam sejarah umat manusia, atau seni sepotong karya seni menyebar luas, menyenangkan, mudah dinikmati, dan tidak ada yang pernah begitu mudah dilakukan dan mudah dimengerti seperti ini dalam seni”.

Harvey Ball wafat pada April 2001, meninggalkan seorang istri, dan 3 orang anak.

Hingga detik ini, simbol Smiley Face, masih menjadi fasilitas utama di dalam membuat icon yang mudah, lucu, unik, dan menarik bagi para penggunanya di seluruh dunia. Bahkan varian-variannya pun semakin bertambah jumlahnya, dan mungkin hal ini akan tetap berlangsung hingga di masa-masa yang akan datang karena keunikannya.

(",)v




Sumber : siradel.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”

Powered by Blogger.