Tuesday 10 July 2012

Loki



Loki atau Loke (Loki Laufeyjarson) adalah seorang dewa dalam Mitologi Nordik. Dia berasal dari keturunan Jotun yang suka mangacau dan membuat tipu muslihat. Oleh karena itulah, dia diberi julukan sebagai “Si pencari masalah”.


Hikayat



Dewa api, penipu, si tukang pencari masalah ini ialah Anak dari raksasa Fárbautia (Penyerang-Kejam) dan Laufey (Pulau Pohon) atau Nal. Saudara dari Byleist dan Helblindi, serta saudara angkat dari dewa Odin ini, sangat leluasa berbaur dengan para dewa, sebelum dewa Odin mengangkatnya menjadi saudara.

Menikah dengan Sigyn, ayah dari Narfi (Narvi) dan Vali (berbeda dengan Vali anak Odin dan Rin). Melalui raksasa Angerboda (Pembawa Penderitaan), Loki menjadi ayah dari Hel (Dewi Kematian), Jörmungand (sang Ular Misgard), dan Fenrir (si Serigala raksasa).





Loki juga menjadi ibu dari Sleipnir melalui kuda jantan Svadilfari. Dikisahkan, bahwa suatu ketika Loki mengubah dirinya menjadi kuda betina untuk menjauhkan Svadilfari dari pemiliknya, raksasa Hrimthurs, untuk mencegah sang raksasa menyelesaikan pembangunan Asgard.

Menurut mitologi, Loki sebenarnya bukanlah seorang Dewa. Dia tidak dianggap masuk ke dalam golongan Æsir (dewa-dewi tinggi) ataupun golongan Vanir (dewa-dewi kecil), karena dia berasal dari golongan Jotun (para raksasa). Namun, oleh karena dia memiliki kedekatan dengan Odin, maka akhirnya dia pun dianggap golongan Æsir.





Sebenarnya Loki bukanlah dewa yang jahat. Dia suka membantu para dewa Aesir, namun tidak jarang dia menimbulkan kesulitan untuk para dewa tersebut. Loki dikenal sebagai penipu dan pengalih keadaan.

Loki adalah raksasa beku, akan tetapi sejak dianggap menjadi saudara sedarah dengan Odin, Loki menjadi anggota Aesir yang sangat penting. Meskipun tidak ada dewa yang mirip dengannya, Loki diperkenankan untuk makan bersama di Asgard. Lama kelamaan, Loki menjadi lebih gelap mata dan sinis, dan mencerminkan dewa jahat di Asgard sebagai tandingan para dewa yang baik.





Atas kecerdikannya, dia terlibat secara tidak langsung atas kematian Balder dengan menipu dewi Frigg untuk mengetahui apa yang dapat membunuh Balder. Loki membuat senjata dari mistletoe dan memperdaya Hodhr, saudara Balder yang buta, untuk menembakkan senjata mistletoe yang membunuh dewa tersebut.

Atas kejahatannya itu, Loki dihukum dengan dikurung di dalam sebuah gua. Setelah itu, Odin dan raksasa wanita yang melahirkan Rindr Vali (yang tumbuh menjadi dewasa dalam sehari) dan membunuh Hodhr.





Dari semua dewa-dewi jahat yang menantang dewa-dewi nordik, yang paling licik dan kejam ialah Loki, yang hidup bersama-sama dengan penghuni Asgard, menyebarkan hasutan dan benih-benih kebencian diantara mereka.

Dia pulalah yang menyebabkan kematian Balder, dewa nordik yang paling dicintai oleh semua makhluk, demi untuk kepuasannya semata.





Ketika perang Ragnarok (Takdir Para Dewa) tiba, yang melibatkan seluruh alam semesta, Loki memimpin perlawanan para iblis (raksasa api dan berbagai monster) terhadap para dewa.

Di dalam pertempuran antara Dewa, Raksasa, dan Monster ini, akhirnya Loki harus mati di tangan Odin.










.: Mitologi Nordik :.

(",)v




No comments:

Post a Comment

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”

Powered by Blogger.