Saturday 22 June 2013

4 Hewan Mistik Yang Dipercaya Menjaga 4 Penjuru Mata Angin




Sebagian mungkin ada yang sudah mengetahui mengenai 4 penjaga mata angin, yaitu Suzaku, Seiryuu, Genbu, dan Byakko. Hewan-hewan mistik berikut ini, dipercaya menjaga empat penjuru mata angin di dunia.


Berikut 4 hewan mistik penjaga 4 penjuru mata angin tersebut :


1. SUZAKU - Sang Penjaga Selatan




Burung Zhu Que adalah salah satu dari Empat Simbol dari rasi China. Menurut Wu Xing, Tao-unsur lima sistem, mewakili unsur api, arah selatan, musim panas. Jadi kadang-kadang disebut burung Vermilion Selatan dan juga dikenal sebagai Suzaku di Jepang dan Jujak di Korea.

Hal ini sering keliru untuk Fenghuang, karena kesamaan dalam penampilan, tetapi dua makhluk berbeda. Fenghuang adalah raja dari burung, sementara burung Vermilion adalah makhluk roh mitologis dari konstelasi China
.

Burung Suzaku yang merupakan burung yang elegan dan mulia, baik dalam penampilan dan perilaku, sangat selektif dalam apa yang dimakan dan tempatnya bertengger, dengan bulu-bulu dalam berbagai warna dari oranye kemerahan.
Suzaku yang sering dikaitkan dengan mitos Phoenix, karena asosiasi mereka dengan unsur api.


2. SEIRYU - Sang Penjaga Timur





Seiryu adalah salah satu dari Empat Simbol dari rasi China. Kadang-kadang disebut Naga Azure dari Timur, dan dikenal sebagai Seiryuu di Jepang dan Cheongryong di Korea. Ini mewakili timur dan musim semi. Menurut Wu Xing, Seiryu berelemen kayu (Wood). Jangan terkecoh dengan mitologi naga kuning yang berhubungan dengan Kaisar China.

Di Jepang, Azure Dragon (Seiryuu-naga biru) adalah salah satu dari empat roh wali kota dan dikatakan untuk melindungi kota Kyoto di timur. Barat dilindungi oleh Macan Putih, di sebelah utara dilindungi oleh Black Tortoise, selatan dilindungi oleh Vermilion Bird, dan pusat dilindungi oleh Yellow Dragon.

Di Kyoto terdapat kuil untuk masing-masing roh penjaga. The Azure Dragon ini diwakili dalam Kuil Kiyomizu di timur Kyoto. Sebelum pintu masuk candi, terdapat patung naga yang katanya minum dari air terjun di dalam kompleks candi di malam hari. Oleh karena itu setiap tahun diadakan upacara untuk menyembah naga dari timur.



3. BYAKKO - Sang Penjaga Barat





Macan Putih adalah salah satu dari Empat Simbol dari rasi China. Hal ini kadang-kadang disebut Macan Putih Barat, dan dikenal sebagai Byakko di Jepang dan Baekho di Korea. Ini mewakili barat dan musim gugur, dan unsur besi.

Selama Dinasti Han, orang-orang percaya, bahwa harimau menjadi raja dari semua binatang. Legenda menceritakan, ketika seekor harimau mencapai 500 tahun, ekornya akan menjadi putih. Dengan cara ini, harimau putih menjadi semacam makhluk mitologis.

Konon harimau putih hanya akan muncul, ketika kaisar memerintah dengan kebajikan mutlak, atau jika ada perdamaian di seluruh dunia. Karena warna putih dari china juga mewakili lima unsur barat, harimau putih dengan demikian menjadi wali mitologi barat.


Dalam Kitab Tang, yang reinkarnasi dari Byakko adalah Li Luo Cheng dan reinkarnasi Seiryu adalah dikatakan sebagai pemberontak dinamakan Xiongxin. Mereka berdua adalah saudara yang bersumpah pada Qin Shubao, Cheng Zhijie, dan Yuchi Jingde.

Jiwa mereka setelah kematian dikatakan memiliki tubuh pahlawan baru Dinasti Tang dan Dinasti Liao, Xue Rengui dan Dia Suwen dalam beberapa legenda dari Dinasti Tang, Rengui Xue ia dikatakan sebagai reinkarnasi dari Byakko, dan musuh bebuyutan, Dinasti Liao pangeran Suwen ia adalah reinkarnasi dari Seiryu.



4. GENBU - Sang Penjaga Utara





Kura-kura Hitam dari Utara atau Shadow Warrior adalah salah satu dari empat titik kardinal dan totem binatang zodiak China. Hal ini juga salah satu dari empat hewan fantastis dari teori empat elemen. Genbu mewakili arah Utara dan berhubungan dengan air.

Nama chinanya terdiri dari Xuan, "kabur" dan Wǔ, "pejuang", merujuk pada cangkang baju besinya. Juga disebut "kura-kura-ular", biasanya digambarkan sebagai seorang penyu di sekitar yang melilitkan ular.

Wujud ini bisa menjadi mitos asal mengklaim, bahwa kura-kura laki-laki sering tak berdaya, menyatukan wanita dengan ular. Kepercayaan ini di balik simbolisme yang kontradiktif binatang suci sejak zaman dahulu, karena kembali representasi dari alam semesta, kadang-kadang tidak bermoral.


Penyu hitam adalah yang terbesar dari astrologi totem binatang, karena aturan seperempat utara zodiak yang merupakan bintang kutub, sumbu dari langit, dan rasi bintang yang mengatur kelahiran, kematian, dan umur panjang.


Tambahan :


5. HUANG LONG - Penjaga Titik Tengah




Disebut juga dengan Naga Kuning. Di beberapa budaya Asia khususnya China, terkadang ada yang menambahkan hewan kelima dalam 4 Hewan Penjaga Mata Angin. Nah hewan ini penjaga titik Tengah, dan berunsur Tanah.

Huang Long adalah naga yang tak bertanduk yang keluar dari sungai Luo dan memberikan Kaisar Fu Xi kemampuan untuk "menulis". Menurut legenda, ketika Fu Xi melihat hewan ini, ia begitu besar hingga membelah langit.

Hewan ini bangun, tertidur, dan bernafas tergantung dari siang dan malam, musim dan cuaca. Dalam mitologi Jepang, Huang Long tidak muncul, karena elemen kelima dalam mitologi Jepang adalah ketiadaan, dan tidak ada binatang yang melambangkan hal tersebut.



6. KIRIN - Penjaga Pintu





Kirin yang mana dipercaya sebagai binatang bijaksana dan disimbolkan sebagai anak cucu yang berbakti. Kirin yang jantan disebut "Ki" dan betina disebut "Rin". Kirin digambarkan dengan tubuh berbadan rusa (elaphurus davidianus), berkaki kuda, berekor sapi, kuku bulat, kepala serigala dengan sebuah cula yang berisi atau berotot.

Sehingga banyak orang mengatakan kirin adalah insiprasi dari kijang kencana (Muntiacus muntjak), kambing hutan (Lie Ling) (Capricornis Sumatraensis), atau antilop (Cephalophus spp) . Sedangkan menurut Kongbaba lebih menyerupai badak dari Jawa yang bercula satu (Rhinocerus sondaicus).


Kirin persepsi umum yang mana menyerupai singa dan sering dipertunjukan (barongsai) adalah persepsi dari singa (Panthera Leo). Singa yang berada di pintu bagian kiri dan dan kaki kirinya menginjak bola api adalah singa jantan yang bermakna proteksi akan ancaman luar; sedangkan, yang berada di pintu bagian kanan dan kaki kanannya menginjak anak adalah singa betina yang berarti melindungi keluarga.

Ada kirin versi lain lagi sebenarnya, yaitu kirin yang berbadan singa dan memiliki tanduk. Kirin ini dahulunya diimaginasikan dengan jerapah, yang mana dapat dilihat dari bahasa Jepang atau Taiwan.

(",)v




Sumber : siradel.blogspot.com

7 comments:

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”

Powered by Blogger.