Wednesday 31 July 2013

Asal-Usul Jarum Jam Bergerak Kearah Kanan




Bangsa-bangsa di zaman dahulu kala, memiliki cara yang berbeda-beda di dalam pengenalan sistem waktu dengan perhitungan yang berbeda-beda pula.

Monday 29 July 2013

Kisah Abu Nawas Mengecoh Monyet

http://p.mozat.com/icon/201003/14/915f27d7_5710887.jpg

Abu Nawas sedang berjalan-jalan santai, hingga ada kerumunan masa dijumpainya. Abu Nawas penasaran dan lalu bertanya kepada seorang kawan yang kebetulan ditemuinya di tengah jalan.

Saturday 27 July 2013

Menguak Misteri Bangsa "Polyp" Yang Mampu Terbang




Pernah mendengar kisah bangsa Polyp? Suatu kaum yang 'katanya' pernah ada sebelum manusia. Mereka punya sayap, namun bukan termasuk dalam golongan malaikat atau jin. Bahkan, beberapa tafsir meyakini mereka yang dimaksud ialah "binatang melata yang keluar dari perut bumi" seperti yang disebutkan dalam hadits Riwayat Muslim.

Thursday 25 July 2013

Asal-Usul Kalkulator




Alat bantu berhitung ini memiliki sejarah yang panjang dari masa ke masa. Mungkin kita tidak pernah menyangka, bahwa alat yang bernama Kalkulator ini sebenarnya sudah pernah ada ribuan tahun lamanya. Dengan semakin canggihnya teknologi yang ada saat ini, maka kalkulator pun dianggap sebuah alat yang kuno dan biasa.

Tuesday 23 July 2013

Kisah Abu Nawas Diusir Dari Kota


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjF8KoKUpnR68K5tlDn7SYahvWni9pD6USDApDUqh5RIIETtRF3yurxs2QEQz_YQw0zirOII1WTyzfcaVY-m2ORMyK1OBZGJOVDuRVFJNBt7gxKKaL-63xHDtOzBXlvgTxjpGCZx5h_Xxp-/s1600/abunawas.jpg

Mimpi buruk yang dialami Baginda Raja Harun Al Rasyid tadi malam menyebabkan Abu Nawas diusir dari negeri kelahirannya sendiri. Abu Nawas tidak berdaya. Bagaimana pun, ia harus segera menyingkir meninggalkan negerinya tercinta hanya karena mimpi. Masih jelas terngiang-ngiang kata-kata Baginda Raja di telinga Abu Nawas.

Sunday 21 July 2013

“Nukekubi” Wanita Yang Melepas Kepalanya Di Malam Hari




Nukekubi (“抜首” ditulis dalam aksara China, bermakna leher yang bisa dilepas, juga ditulis dalam aksara Hiragana sebagai “ぬけくび” atau dalam Katakana adalah “ヌケクビ”, namun masih dibaca sebagai "Nukekubi") ialah yōkai (monster) dalam cerita misteri rakyat Jepang.

Friday 19 July 2013

Asal-Usul Simbol Pria Dan Wanita




Pasti kamu sudah pernah mengamati simbol atau lambang seperti diatas. Dan kamu sudah tahu tentunya itu adalah logo yang menggambarkan jenis kelamin pria dan wanita. Lalu mengapa simbolnya demikian? Apa maksud dibalik simbol tersebut? Bagaimana sejarahnya? Mari kita jawab satu-persatu pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Wednesday 17 July 2013

Kisah Abu Nawas Mengikuti Sayembara Tentang Ayam Dan Telur




Melihat ayam betinanya bertelur, Baginda tersenyum riang. Beliau memanggil pengawal, agar mengumumkan kepada rakyat, bahwa kerajaan mengadakan sayembara untuk umum. Sayembara itu berupa pertanyaan yang mudah, tetapi memerlukan jawaban yang tepat dan masuk akal.

Monday 15 July 2013

Misteri Codex Gigas "Alkitab Iblis"




Pada abad pertengahan, ditemui sebuah Naskah terbesar yang mengandung misteri di dalamnya. Naskah ini bernama "Codex Gigas" (buku raksasa) yang juga dikenal sebagai Alkitab Iblis, karena terdapat ilustrasi besar iblis di dalam legenda sekitar penciptaannya. Codek Gigas di duga diciptakan pada awal abad ke-13, di Biara ordo Benediktus, Podlažice Bohemia (Republik Ceko sekarang).

Saturday 13 July 2013

Asal-Usul Lambang Tengkorak Bendera Bajak Laut




Seringkali kita melihat pada film atau buku tentang kapal bajak laut yang pada umumnya menggunakan bendera dengan gambar tengkorak sebagai simbol kebesarannya. Apa arti dari lambang tersebut?

Thursday 11 July 2013

Kisah Abu Nawas Mengecoh Raja

http://fineartamerica.com/images-medium/rain-horse-mary--armstrong.jpg

Sejak peristiwa penghancuran barang-barang di istana oleh Abu Nawas yang dilegalisir oleh Baginda, maka sejak saat itu pula Baginda Raja ingin sekali menangkap Abu Nawas dan menjebloskannya ke penjara.

Tuesday 9 July 2013

"Hopbeard Plunderfish" Spesies Ikan Aneh Di Antartika




Bicara soal lautan, memang banyak sekali menyimpan segudang misteri. Belum lagi semua isi lautan mampu dieksplorasi oleh manusia. Kali ini, misteri di lautan dalam kembali terkuak dengan ditemukannya spesies ikan baru dengan bentuk yang aneh.

Sunday 7 July 2013

Asal-Usul Bioskop



Bioskop merupakan tempat dimana orang dapat untuk menonton pertunjukan film dengan menggunakan layar lebar dan gambar film yang diproyeksikan ke layar dengan menggunakan proyektor.

Friday 5 July 2013

Kisah Abu Nawas Dan Pesan Bagi Para Hakim

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgjAxUDbbNyS6r9WeVKuN-NNYyfZhho1YBv7BFAaWpBOUDtS0-2uIS2tSst_NbSwwu17K4IlCjl_ZgYwlJkPXiWU6nnhKW4eI3Fe8C0f-87J5VkC-RMVzOG2RmJEkoGeRwwFAd-v_kd6x0/s400/palu+hakim.jpg

Siapakah Abu Nawas? Tokoh yang dinggap badut namun juga dianggap ulama besar ini adalah seorang sufi. Tokoh super lucu yang tiada bandingnya ini aslinya orang Persia yang dilahirkan pada tahun 750 M di Ahwaz, dan meninggal pada tahun 819 M di Baghdad.

Thursday 4 July 2013

"Hollow Earth" Rongga Di Dalam Bumi Yang Melegenda




Banyak Legenda di berbagai belahan dunia yang bercerita tentang adanya dunia lain di dalam perut Bumi. Tidak banyak yang menaruh perhatian terhadap legenda-legenda ini, sampai ketika seorang ilmuwan ternama mengangkatnya ke dalam forum-forum sains. Imajinasi tentang Bumi yang memiliki rongga, bukan hal yang baru sebenarnya.

Wednesday 3 July 2013

Asal-Usul Topi Toga



Sejujurnya, dari desain bentuknya memang gak ada keren-kerennya. Namun, jika dipakai saat wisuda, rasa bangga pun membubung berkali-kali lipat. Itu dia TOGA, jubah berwarna hitam ini memang tak dapat dipisahkan dari ritual kelulusan.

Monday 1 July 2013

Kisah Abu Nawas Membalas Perbuatan Raja


http://www.spc.int/pacifly/IMAGES/Manual/Fly-food-water-sugar.jpg

Abu Nawas hanya tertunduk sedih mendengarkan penuturan istrinya. Tadi pagi, beberapa pekerja kerajaan atas titah langsung dari Baginda Raja Harun Al Rasyid, membongkar rumah dan terus menggali tanpa bisa dicegah.